Tips Menghindari Mata Lelah Saat Menggunakan Komputer

Unknown
12 September 2013
Tahu kah anda bahwa Akibatnya berlama-lama di depan PC adalah mata seringkali menjadi lelah dan kepala sering pusing bahkan kadang amda akan kesulitan untuk memfokuskan objek pandang.

Hal ini karena kesehatan mata anda terganggu setelah anda menatap pancaran radisasi dari monitor computer terlalu lama.

Untuk itu pada kesempatan kali ini ShadActivity akan share tips untuk mengendari mata lelah saat sedang menggunakan komputer terlalu lama yang bisa anda lakukan dirumah atau ditempat anda bekerja.

mata lelah

Tips untuk menghindari mata lelah saat sedang menggunakan komputer

Jaga jarak pandangan

Sangat Disarankan anda jangan terlalu dekat dengan monitor karena akan sedikit membahayakan kesehatan mata anda. Sebaiknya anda mengatur jarak tubuh hingga sekitar 20 – 40 inci atau 50 – 100 cm dari monitor. Jika pada jarak diatas anda mengalami kesulitan untuk membaca harap untuk tidak lebih mendekatkan mata anda kedepan layar tetapi sebaiknya anda perbesar font pada computer anda.

Gunakan LCD

Menurut penelitian, monitor tabung ternyata memberikan efek yang lebih buruk dibandingkan dengan LCD. Selain itu, energy yang dibutuhkan oleh monitor tabung juga lebih besar, sehingga bila anda beralih menggunakan LCD akan lebih hemat energy. Namun kalau anda masih ingin menggunakan monitor tabung anda, cobalah untuk memasang filter-antiradiasi yang akan membantu anda mengurangi radiasi dari monitor anda.

Sesuaikan setting monitor

Beberapa monitor yang ada sekarang banyak menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti layar setting mereka. Pre sett tersebut biasanya akan memberikan level brightness yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Nah, anda dapat memanfaatkan kemudahan itu dengan mengubah settingan dari “game atau “movie menjadi “text” atau “internet” yang akan terasa lebih sejuk di mata saat anda sedang browsing atau hanya mengetik.

Gunakan kacamata anti radiasi

Walaupun hal ini membutuhkan biaya yang relative mahal, namun ada baiknya saat anda bekerja dalam waktu yang lama di depan monitor anda menggunakan kacamata anti radiasi yang akan melindungi mata anda dari radiasi cahaya yang berlebih. Karena faktanya lapisan anti-radiasi yang terdapat pada kacamata tersebut sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri pada mata anda saat terkena radiasi cahaya dari layar monitor anda.

Berkedip

Cara termudah untuk menghindari mata lelah saat sedang menggunakan computer adalah dengan cara berkedip. Mungkin cara ini dianggap sepele tapi teryata dengan berkedip dapat melumasi mata anda dengan cairan pada mata yang akan melemaskan otot” pada mata anda.

Lihat ke luar jendela

Cara termudah kedua adalah dengan melihat keluar jendela, setelah beberapa menit atau bahkan beberapa jam didepan layar computer alangkah baik nya jika anda sesekali melihat keluar jendela agar mebuat jarak pandang mata menjadi lebih baik.

Sekian Tips Menghindari mata lelah saat menggunakan computer dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda. jangan lupa lihat juga cara mengoptimalkan otak kanan.

Judul: Tips Menghindari Mata Lelah Saat Menggunakan Komputer
Kategori: kesehatan - tips-trik
URL: http://shadactivity.blogspot.com/2013/09/tips-menghindari-mata-lelah-saat.html
Ditulis Oleh : Unknown
Pada : 12 September 2013

Harga Bulan Ini

  • Harga Blackberry November 2013

    BLACKBERRY


    Harga Blackberry Bulan April 2014
    Lihat selengkapnya disini »
  • Harga Samsung Galaxy November 2013

    SAMSUNG GALAXY


    Harga Samsung Galaxy Bulan April 2014
    Lihat selengkapnya disini »
  • Harga Blackberry November 2013

    SONY XPERIA


    Harga Sony Xperia Bulan April 2014
    Lihat selengkapnya disini »
  • Harga Nokia Lumia November 2013

    NOKIA LUMIA


    Harga Nokia Lumia Bulan April 2014
    Lihat selengkapnya disini »
  • Harga Smartfren Andromax November 2013

    SMARTFREN ANDROMAX


    Harga Smartfren Andromax Bulan April 2014
    Lihat selengkapnya disini »
  • STATISTIK
    Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net